4 Jurusan yang Ada di PKN STAN + Prospek Kerjanya

4 Jurusan yang Ada di PKN STAN + Prospek Kerjanya

Pejuang STAN Wajib Tahu

 

Kamu lagi mempersiapkan diri untuk kuliah di PKN STAN? Nah, di balik berbagai alasan kamu untuk kuliah di kampus kedinasan ini, kamu juga wajib tahu dulu… Apa aja sih jurusan yang ada di PKN STAN? Yuk simak info berikut, agar kamu bisa pilih jurusan yang sesuai dengan diri kamu. Plus juga ada info mengenai prospek kerja di masing-masing jurusan lho…

  1. Akuntansi

Meski di kampus lain, banyak terdapat Jurusan Akuntansi, tapi yang pasti lulusan dari PKN STAN dengan kampus lain berbeda dong…  Jurusan Akuntansi di PKN STAN terdiri dari dua prodi, yaitu DIII dan DIV atau setara dengan SI.

Karena ilmunya yang banyak dibutuhkan oleh berbagai intansi, lulusan Akuntansi kelak tak hanya ditempatkan di lingkungan kerja Kementerian Keuangan. Namun juga bisa ditempatkan di instansi yang lainnya.

 

  1. Pajak

Dari data, peminat untuk Jurusan Pajak cukup banyak dibanding jurusan yang lainnya yah. Hal ini mungkin saja dikarenakan Jurusan Pajak yang juga menerima kuota mahasiswa yang lebih banyak sehingga para pendaftar SPMB PKN STAN berpikir bahwa lebih berpeluang untuk lulus di sini. Namun dari data, kuota yang banyak berbanding lurus dengan jumlah pendaftar.

Lulusan jurusan ini nantinya akan bernaung di bawah Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak. Untuk penempatan, ada yang di pusat di wilayah kementerian. Dan ada yang tersebar ke penjuru negeri. Wah, bisa jalan-jalan nih…

 

  1. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan ini biasanya disingkat juga dengan BC, terdiri dari prodi DI dan DIII. Agak berbeda dengan jurusan lainnya, di jurusan satu ini tidak hanya belajar di dalam kelas saja. Namun fisik calon lulusan BC juga disiapkan. Ada latihan-latihan yang rutin dilakukan oleh mahasiswa BC, seperti lari, push up, dan lainnya. Oh iya, selain fisik, kamu juga perlu meningkatkan Bahasa Inggris kamu nih di sini.

Hal ini wajar, karena kelak lulusan BC akan ditempatkan di bandaram pelabuhan, maupun daerah-daerah perbatasan. Khususnya bagi yang putra, akan berjaga untuk melindungi negara dari ancaman penyelundupan berbagai barang yang rawan terjadi di perbatasan. Sementara lulusan putrid focus untuk menangani bagian administrasi.

Untuk prospek karir ke depan, otomatis lulusan jurusan ini kelak akan menjadi pegawai di lingkungan Dirjen Kepabeanan dan Cukai.

 

  1. Manajemen Keuangan

Jurusan ini memiliki tiga prodi, antara lain prodi DI Kebendaharaan Negara, DIII Kebendaharaan Negara, atau biasa disingkat KBN. Terakhir prodi DIII Manajemen Aset. Ilmu-ilmu di sini eksklusif lho, dan tidak ditemukan di kampus lain. Jadi jika kamu ingin mempelajari mengenai kebendaharaan negara dan manajemen aset, maka masuk PKN STAN dulu yah…

Lulusan jurusan umunya ini akan berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Jenderal Anggaran. Meski intansi lain pun juga membutuhkan lulusan Manajemen Keuangan seperti BPK, BPPK, dan lainnya.

 

Nah, itu sekilas mengenai jugrusan-jurusan yang ada di PKN STAN. Dengan begitu semoga kamu makin mengenal jurusan tersebut dan jadi tahu kamu cocok di mana.. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai per jurusan, tunggu artikel selanjutnya yahh…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.