Ketahui Perbedaan PTN, PTS, dan PTK

Ketahui Perbedaan PTN, PTS, dan PTK

Kamu siswa SMA/sederajat? Mau lanjut kuliah? Tapi masih rada bingung mau melanjutkan kemana?

Nah, sebelumnya, kamu mesti tahu dulu, apa aja sih jenis-jenis perguruan tinggi yang ada dan dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Dengan mencari tahu info tersebut, kamu bisa dapat bayangan bagaimana perbedaan di masing-masing jenis perguruan tinggi tersebut..

Nah, cek info berikut ini, perbedaan antara Perguruan Tinggi Negeri vs Perguruan Tinggi Swasta vs Perguruan Tinggi Kedinasan (PTN vs PTS vs PTK):

  1. Biaya kuliah

PTN:

Biaya kuliah di PTN kini ditentukan oleh tingkat Uang Kuliah Tertulis (UKT) yang diperoleh masing-masing mahasiswa. Dengan sistem UKT, mahasiswa akan membayar biaya pendidikan sesuai dengan tingkat ekonomi orang tua. Dari yang membayar Rp500.000 , hingga membayar puluhan juta, ada.

PTS:

Nah, untuk PTS, ada beberapa yang biayanya lebih murah dibanding PTN. Namun umumnya, biaya kuliah PTS lebih mahal. Hal ini disebabkan kepemilikan swasta sehingga untuk operasional kampus memang dibebankan pada uang kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa.

PTK:

Dari segi jumlah, PTK memang jauh lebih sedikit dibanding PTN dan PTS. Namun PTK langsung dikelola oleh kementerian yang menanunginya. Misalnya nih, Politeknik Keuangan Negara STAN yang dinaungi oleh Kementerian Keuangan, Intitut Pemerintahan Dalam Negeri yang dinaungi Kementerian Dalam Negeri, atau Universitas Pertahanan yang berada dalam naungan Kementerian Pertahanan. D PTK, hampir semuanya tanpa biaya pendidikan, alias gratis.

 

  1. Kecepatan bekerja setelah lulus

PTN:

Lulusan PTN biasanya melalui masa-masa menganggur dulu sebelum mendapat pekerjaan pertamanya. Biasanya tiap orang bervariasi, ada juga yang langsung dapat kerja setelah lulus, namun hanya beberapa. Ada yang harus melewati masa tunggu sebulan, tiga bulan, enam bulan, bahkan ada juga yang setahun.

PTS:

Sama dengan PTN, lulusan PTS memang melalui masa tunggu terlebih dahulu untuk mendapatkan pekerjaan, meski ada juga yang langsung bekerja setelah lulus. Sebagian ada juga yang memilih untuk mengambil kelas karyawan di perkuliahan, sehingga ia sudah dapat bahkan ketika kuliah.

PTK:

Sesuai dengan namanya, kedinasan. Lulusan PTK ada ikatan dinas, sehingga ketika wisuda lulus, langsung melakukan pengabdian sesuai dengan lembaga atau instansi yang menaunginya. Misalnya nih, lulusan PKN STAN yang langsung bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan.

 

  1. Ujian saringan masuk

PTN:

Ketat. Karena yang masuk PTN banyak. Namun PTN biasan mya menyediakan tiga jalurlon mah  masuk untuk para calon mahasiswa. Yang pertama jalur undangan. Jalur ini bekerja sama dengan pihak sekolah, dan yang lolos jalur ini biasanya yang mempunyai ranking dan nilai yang bagus di kelasnya.

Jalur selanjutnya ialah jalur tes tertulis secara nasional. Tanggal ujian dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Selanjutnya jalur ketiga ialah jalur mandiri. Di jalur masuk ini, langsung PTN yang bersangkutan yang mengadakan ujian di kampusnya untuk diikuti para calon mahasiswa yang berminat.

PTS:

Di PTS umunya terdapat dua jalur. Yaitu jalur ujian yang langsung dilaksanakan di kampus yang bersangkutan. Jalur yang lain yaitu jalur beasiswa, dimana PTS menawarkan kepada siswa kelas 12 yang akan lulus untuk mendapatkan beasiswa kuliah di PTS tersebut.

PTK:

Sangat ketat, terdiri dari beberapa tahap, namun hanya satu jalur. Di 2018 ini, ujian masuk PKN STAN terdiri dari Ujian Tes Tertulis, TKK dan TKD  Hal ini dikarenakan peminat yang begitu banyak dan memang yang dicari benar-benar yang memenuhi kualifikasi.

 

Nah,  itu dia perbandingan PTN, PTS, dan PTK. Dengan info di atas, diharapkan kamu bisa memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan kamu, dan juga yang paling memberikan kamu peluang yang bagus di masa depan nih.

Seperti kata pepatah, Tuntulah Ilmu Sampai Ke negeri China… Kejar terus cita-citamu ya…

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.