Membongkar 5 Tips dan Trik Agar Lulus SPMB PKN STAN 2019

Membongkar 5 Tips dan Trik Agar Lulus SPMB PKN STAN 2019

Halo Infiniters, sudah sejauh mana persiapan kamu untuk masuk ke PKN STAN? Berdasarkan data tahun lalu, persiapan kamu tinggal hitungan bulan lagi. Nah, kamu harus melakukan persiapan dengan sebaik mungkin. Tips dan trik ini bisa membantu kamu untuk lulus PKN STAN 2019, karena berdasarkan pengalaman dan wawancara ke beberapa alumni STAN tahun 2017 dan 2016, ini dia hal-hal yang mereka lakukan hingga akhirnya kini menjadi STANer.  Yuk simak ya…

  1. Pastikan tujuan dan luruskan niat

Hampir semua anak STAN,  punya tujuan dan alasan yang kuat kenapa mereka harus lulus STAN. Karena berdasarkan pengalaman, niat dan tekad yang nggak kuat, malah menjadikan daya juang jadi lemah hingga akhirnya sebagian besar gagal di USM STAN.

So, tanya lagi ke diri kamu sendiri, tujuannya sebenarnyakamu masuk STAN apa? Misanlya, mau meringankan beban ortu karena biaya kuliah di STAN itu gratis. Atau cita-cita kamu ingin menjadi abdi negara yang keren dan jujur, nah peluang untuk itu bakal lebih terbuka jika kamu jadi mahasiswa STAN.

 

Lakuin tips nomor 1 ini agar setelah kamu benar-benar tahu tujuanmu dan meluruskan niatmu, kamu bakal ada motivasi besar dan lebih semangat untuk bisa mewujudkannya.

 

  1. Ikut bimbingan

Sebenarnya, tanpa ikut bimbingan belajar atau bimbel pun, kamu juga udah bisa belajar sendiri untuk persiapan. Tapi ada beberapa perbedaannya. Di bimbel, karena ada kurikulumnya, kamu bisa belajar dengan lebih terstruktur.

 

Ditambah dengan adanya pengajar, tentu jadi fasilitator kamu untuk memahami materi dan sebagai tempat bertanya jika kamu nggak paham. Bersama dengan teman-teman yang berjuang untuk keinginan yang sama pun, akan membuat semangatmu lebih terpacu.

 

  1. Latihan soal

Nah, kamu mesti rajin nih bahas soal-soal. Dengan kamu mengetahui soal seperti apa yang muncul nantinya, serta kamu bisa ingat, gimana sih pola untuk ngejawab soal USM.

Tujuannya, tentu saja supaya kamu bisa terlatih dan bisa cepat dalam menjawab soal ketika ujian berlangsung. Kamu juga mesti memanajemen waktu kamu saat mengerjakan soal. Waktu ujian yang terbatas mesti kamu atur sebaik-baiknya untuk menjawab soal yang tak sedikit.

 

  1. Kontinyu

Belajar dan latihan soal di atas, perlu kamu lakukan dengan kontinyu, alias rutin. Ketika kamu skip beberapa hari untuk belajar ataupun latihan soal, bisaaja kamu jadi lupamateri atau  kemungkinan semangat kamu bisaaja jadi down, sehingga untuk memulainya lagi jadi malas.

 

  1. Berdoa dan minta ridho ortu

Ini juga penting. Ridho Allah berasaldari ridho orang tua. Dengan berdoa, kita juga sedang “mengetuk pintu langit”, agar apa yang kita inginkan bisa tercapai dan dikabulkan oleh-Nya..

 

Setelah mendapat tips dan trik di atas, sekarang giliranmu yang mengaplikasikannya. Jika faktor eksternal sudah mendukung, kini faktor internal, yaitu faktor dari dalam diri kamu sendiri yang mesti kamu dorong. Pun jika faktor eksternal tidak terlalu mendukung, dengan faktor internal dalam diri kamu yang luar biasa, halangan biasanya akan terlewati. Tetap semangat untuk mencapai mimpi dan apa yang kamu inginkan ya Infiniters, dan tetap berjuang. Seperti kata orang bijak:

Life is struggle, no life without a struggle.

Hidup itu perjuangan, tiada hidup tanpa perjuangan.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.